#footer-column-container { clear:both; } .footer-column { padding: 10px; } .quickedit{ display:none; }

ONLINE-UJIAN SENI BUDAYA ESTIB

Rabu, 17 Agustus 2016

Musik Orkestra SMPN 3 Bayat, Klaten pada Upacara HUT RI Ke-71 Tahun 2016





Luar biasa dan mempesona. Pentas Orchestra group musik siswa SMP Negeri 3 Bayat, Klaten atau Estib, dalam gelaran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 di Lapangan Lemah Miring, Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Klaten, Rabu pagi (17/8/2016).
Di kesempatan ini, orchestra Seni Musik Estib terdiri dari 61 pemain, terbagi 20 siswa pegang pianika, 18 recorder, 13 gitar, 1 piano, 1 drum, 1 biola, dan 1 keobor. Pendamping dan pembina seni musik dan budaya Estib, Asim Sulistyo SPd, kebagian jatah memainkan alat musik biola.
Penampilan Seni Musik Estib ini, menurut Camat Bayat Edy Purnomo SE, telah memberikan warna berbeda dan para peserta upacara juga merasakan aura postif dari lantunan lagu-lagu perjuangan sejumlah 20-an lagu.
Aksi grup seni musik Estib ini dimulai sejak pukul 07.30 WIB dan sambil menanti kedatangan pasukan pengibar bendera (Paskibra), siswa didikan dan binaan Estib langsung membuat suasana lapangan Lemah Miring bagaikan panggung hiburan menarik.
Bahkan sejumlah guru dan kepala sekolah yang belum kenal dengan grup seni musik Estib, tanpa ragu, sebelum upacara dimulai, pada minta foto bersama atau selvinan, meskipun saat itu siswa Estib sedang memainkan alat musik.
“Memang kita akui, Estib ini telah berhasil memberikan satu nilai lebih dibanding sekolah lainnya. Kemampuan siswa dalam olah bakat seni musik, telah menjadikan satu motivasi tersendiri pada diri siswa meraih cita-cita. Dengan seni itu bisa mendorong siswa semakin giat dalam belajar. Terima kasih buat adik-adik siswa Estib, penampilan di HUT Kemderdekaan RI ke-71 ini semakin khidmat,” pesan Camat Bayat Edy Purnomo.
Para siswa Estib ini, dari pantauan redaksi, dibiasakan untuk cinta dan gemar dengan seni dan budaya. Tidak hanya seni musik, akan tetapi juga seni graffiti, melukis, seni tari, dan kegiatan lainnya. Juga ada kegiatan kepramukaan, ekstra biologi, palang merah remaja (PMI) dan tak kalah serunya ada komunitas siswa di bidang jurnalistik.
Karena mengetahui grup seni musik Estib tampil di lapangan Lemah Miring dalam HUT Kemerdekaan RI ke-71 ini, membuat puluhan guru Estib merapat dan mengikuti upacara yang digelar tingkat Kecamatan Bayat ini. Kehadiran para guru dalam upacara di lapangan Lemah Miring ini menjadi penyemangat siswa Estib dalam memainkan musik.
“Untuk siswa yang gemar jurnalistik, kita bentuk Estib Post, yang memang agendanya belajar nyoting seperti di televisi itu. Untuk acara upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI, baru kali ini Estib mendapat jatah tampil. Hebooh pokoknya, kita justru membuka diri agar sekolah lain juga bisa berkarya menghidupkan seni musik,” ujar Asim Sulistyo.
Wakil Kepala SMPN 3 Bayat Bidang Kesiswaan Subari SPd yang terlihat juga mengawal dan mendampingi siswa Estib di agenda HUT Kemerdekaan RI ini, merasakan syukur atas nikmat Allah SWT. Tanpa dukungan semua pihak, Estib tak ada apa-apanya dan tidak bisa maju seperti saat ini.
Karena jarak sekolah dengan lokasi upacara jauh, kisaran 6 Km, maka siswa Estib menuju lokasi lapangan menggunakan dua kereta kelinci dan datangnya lebih awal. Hal ini untuk mempermudah persiapan dan bisa pentas lebih awal.
“Selama ini tahunya warga tentang Estib itu hanya seni musik, sebenarnya banyak pontesi di Estib ini. Dan kita bersyukur, kali ini kita diberikan kesempatan tampil. Kita harapkan siswa Estib juga akan semakin tergugah dan giat belajar menggapai cita-cita,” pungkas Subari.
(Estib Post-Jurnalis SMPN 3 Bayat Klaten)


0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Wikimapia Rowo Jombor

Pengikut

KampungBlog.com Kumpulan Blog
Indonesia

Wikimapia Krakitan

Bookmark and Share