#footer-column-container { clear:both; } .footer-column { padding: 10px; } .quickedit{ display:none; }

ONLINE-UJIAN SENI BUDAYA ESTIB

Senin, 11 Mei 2015

Perpisahan-Lagu Estib-SMPN 3 Bayat, Klaten, Ja-teng

Memilih metode pembelajaran untuk siswa benar-benar harus tepat agar siswa senang dan mau mempelajarai dengan ikhlas tanpa paksaan. Siswa belajar bukan karena akan ada tes atau ujian tetapi siswa belajar karena dorongan hati ingin meningkatkan kemampuan pada mata pelajaran tersebut.

Guru dituntut kreatif dan bijaksana untuk memahami kondisi psikologis siswa. menciptakan metode atau memilih metode sangat penting agar siswa tidak bosan dalam belajar. SMP Negeri 3 Bayat pada mata pelajaran kesenian selalu berkembang dan mnyesuaikan keinginan siswa dan keaadan jaman.

Guru Kesenian (ASIM SULISTYO) telah menciptakan beberapa lagu yang bisa menarik minat siswa untuk belajar gitar dan alat musik lainnya. Lagu diciptakan sesuai dengan keinginan siswa dan kondisi psikologisnya.

Pengalaman siswa dan keaadaan siswa dalam belajar bisa menjadi inspirasi untuk mencipta lagu. beberapa Inspirasi telah mebuahkan lagu antara lain "Nyontek", "Sampah" dan "Perpisahan". Tiga lagu ini merupakan masalah sosial yang banyak timbul pada diri siswa setiap harinya.

Lagu "Sampah" karena siswa buang sampah sembarangan, dengan harapan siswa lebih peduli dengan sampah. Lagu "Nyontek" diciptakan agar siswa belajar jujur dalam belajar dan dalam kehidupan sehari-hari, karena siswa banyak yang curang dalam Tes atau Ujian. Lagu "Perpisahan" diciptakan saat akan ada perpisahan antara kelas 3 yang sudah lulus dengan adik-adik kelasnya.

Semoga kreativitas guru seperti ini bisa memberikan inspirasi bagi guru-guru di Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Wikimapia Rowo Jombor

Pengikut

Wikimapia Krakitan

Bookmark and Share