#footer-column-container { clear:both; } .footer-column { padding: 10px; } .quickedit{ display:none; }

ONLINE-UJIAN SENI BUDAYA ESTIB

Selasa, 18 Oktober 2011

Pengertian Reklame-SMPN Klaten


A.     Pengertian Reklame

Reklame berasal dari Bahasa Latin  yaitu Re dan Clamos.
Ø      Re              :  Pengulangan kembali/berulang-ulang
Ø      Clamos      :  Seruan, ajakan, himbauan
v      Jadi Reklame adalah berteriak berulang-ulang untuk mengajak/mempengaruhi atau menawarkan suatu dagangan atau barang produksi kepada orang lain.

B.     Tujuan Reklame
1.      Reklame Komersial (Profit Oriented)
Reklame yang bertujuan untuk ajang promosi produk dan mencari keuntungan dengan menjaring konsumen sebayak-banyaknya.
Contoh : Iklan barang-barang industri.

2.      Reklame Non Komersial (Non Profit Oriented).
Reklame  yang bertujuan untuk menghimbau, menganjurkan, mempengaruhi masyarakat yang bersifat sosial/iklan layanan masyarakat.
Contoh : Poster anti narkoba, poster keamanan.

C.     Media Reklame
1.      Visual            :  Cara menikmati dengan indra penglihatan/mata (Poster, spanduk)
2.      Audio           :  Cara menikmati dengan indra pendengaran/telinga (iklan di radio)
3.      Audio Visual   :  Cara menikmati dengan indra pendengaran dan penglihatan (iklan di TV

D.     Unsur-Unsur Reklame
  1. Tipografi       :  bentuk huruf yang cocok untuk membuat kata-kata/kalimat
  2. Illustrasi        :  gambar yang sesuai dan memperjelas reklame

E.      Syarat Pembuatan Reklame
1.      Estetis           :  reklame yang mengandung nilai-nilai keindahan
2.      Etis               :  reklame yang bresifat sopan dan santun/mengandung norma kebaikan
3.      Persuasif       :  reklame yang menarik perhatian orang banyak
4.      Edukatif        :  reklame yang mengandung pendidikan/ajakan bebuat positif
5.      Harmonis      :  reklame yang mengandung komposisi warna, bidang dan objeck yang selaras.

F.      Bentuk Reklame
  1. Simetris         :  objeck gambar/ tulisan kanan-kiri seimbang
  2. Asimetris      :  objeck gambar/ tulisan kanan-kiri tidak seimbang

G.     Jenis-Jenis Reklame
  1. Iklan
  1. Etalase
  1. Slide
  1. Baliho/Bilboard
  1. Etiket
  1. Logo
  1. Poster
  1. Plakat
  1. Pamflet
  1. Embalase
  1. Brosur
  1. Monogram
  1. Spanduk
  1. Initial
  1. Papan nama
  1. Buklet

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sebagai tanda persahabatan.

 

Wikimapia Rowo Jombor

Pengikut

KampungBlog.com Kumpulan Blog
Indonesia

Wikimapia Krakitan

Bookmark and Share