A. Pengertian Reklame
Reklame berasal dari Bahasa Latin yaitu Re dan Clamos.
Ø Re : Pengulangan kembali/berulang-ulang
Ø Clamos : Seruan, ajakan, himbauan
v Jadi Reklame adalah berteriak berulang-ulang untuk mengajak/mempengaruhi atau menawarkan suatu dagangan atau barang produksi kepada orang lain.
B. Tujuan Reklame
1. Reklame Komersial (Profit Oriented)
Reklame yang bertujuan untuk ajang promosi produk dan mencari keuntungan dengan menjaring konsumen sebayak-banyaknya.
Contoh : Iklan barang-barang industri.
2. Reklame Non Komersial (Non Profit Oriented).
Reklame yang bertujuan untuk menghimbau, menganjurkan, mempengaruhi masyarakat yang bersifat sosial/iklan layanan masyarakat.
Contoh : Poster anti narkoba, poster keamanan.
C. Media Reklame
1. Visual : Cara menikmati dengan indra penglihatan/mata (Poster, spanduk)
2. Audio : Cara menikmati dengan indra pendengaran/telinga (iklan di radio)
3. Audio Visual : Cara menikmati dengan indra pendengaran dan penglihatan (iklan di TV
D. Unsur-Unsur Reklame
- Tipografi : bentuk huruf yang cocok untuk membuat kata-kata/kalimat
- Illustrasi : gambar yang sesuai dan memperjelas reklame
E. Syarat Pembuatan Reklame
1. Estetis : reklame yang mengandung nilai-nilai keindahan
2. Etis : reklame yang bresifat sopan dan santun/mengandung norma kebaikan
3. Persuasif : reklame yang menarik perhatian orang banyak
4. Edukatif : reklame yang mengandung pendidikan/ajakan bebuat positif
5. Harmonis : reklame yang mengandung komposisi warna, bidang dan objeck yang selaras.
F. Bentuk Reklame
- Simetris : objeck gambar/ tulisan kanan-kiri seimbang
- Asimetris : objeck gambar/ tulisan kanan-kiri tidak seimbang
G. Jenis-Jenis Reklame
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar
Komentarlah sebagai tanda persahabatan.